11 Maret 2008

Usaha Kolam Wisata Pemancingan


Usaha ini cocok untuk anda yang mempunyai lokasi di daerah pinggiran dan masih agak "ngampung" daerahnya. Sebagai referensi saja, bahwa banyak orang yang melepaskan lelah dan penat bekerja selama 5 hari dengan refreshing pergi memancing. Anda yang memiliki tanah di daerah pinggiran mungkin tak ada salahnya mempertimbangkan usaha ini. Agar nyaman setidak-tidaknya anda harus memiliki tanah yang luasnya lebih kurang 1 ha. Untuk kolam bisa dibuat selebar 50m X 50 m, sisanya dialokasikan untuk tempat parkir pengunjung dan kafe sederhana yang menunya Kopi, Indomie, Roti bakar, dan Rokok. Sediakan juga di kafe tersebut sewa alat pancing dan perlengkapannya. Untuk tarif sewa bisa anda tetapkan perjam, atau perkilogram ikan, terserah bagaimana baiknya. Saran saya sbaiknya anda kenakan tarif perkilo supaya anda tidak mikir-mikir menaruh ikan yang besar-besar. Oh ya sebenarnya di dalam kolam wisata pancing anda masih bisa membagun satu jenis usaha lagi, yaitu jasa pembakaran ikan. Si pegunjung dapat menikmasti ikan hasil pancinganya langsung di tempat (seperti di muara karang).
Coba pertimbangkan, dengan membuka wisata pancing anda mendapat omset dari
1. Sewa kolam
2. Jasa Parkir
3. Kafe
4. Restoran panggang ikan
5. Sewa dan jual beli perlengkapan pancing.

Don't forget untuk membuat tempat sholat di lokasi pemancingan anda, supaya pengunjung gak ketinggalan Shlalat. Mudah-mudahan ide ini bermanfaat.

Posted by CEO BIZ

1 komentar:

Belitung Transport mengatakan...

hallo, bisa minta dibuatkan proposal usaha kolam wisata pemancingannya..?, silahkan kirim ke alamat email kami di setiadi.rif@gmail.com
terimakasih.